Sabtu, 25 Juni 2011

KLOROPLAS


TUGAS BIOLOGI FARMASI
KLOROPLAS
















Di Susun oleh:
1.          M. Rudi
2.          Siyanto
3.          Zainul
4.          Margareta
5.          Shindy Cahyaning
6.          Wahyu Dewi Anitasari

AKADEMI FARMASI
PUTRA INDONESIA MALANG 2009/2010
KLOROPLAS

Kloroplas atau chloroplast adalah plastid yang mengandung klorofil.didalam kloroplast berlangsung fase terang dan fase gelap dari fotosintesis tumbuhan.
Kloroplas terdapat pada hampir seluruh tumbuhan, tetapi tidak umum dalam semua sel. Bila ada, maka tiap sel dapat memiliki satu sampai banyak plastid. Pada tumbuhan tingkat tinggi umumnya berbentuk cakram yang tersusun dalam lapisan tunggal dalam sitoplasma tetapi bentuknya berubah-rubah sesuai dengan intensitas cahaya. Pada ganggang, bentuknya dapat seperti mangkuk, spiral, bintang menyerupai jaring yng di sertai pirenoit.
Kloroplas matang pada beberapa ganggang, biyovita dan likopoda dapat memperbanyak diri dengan pembelahan. Kloropas terjadi melalui pertumbuhan dan pembelahan proplasid di daerah meristem. Secara khas kloropas dewasa manyangkup dua membran luar yang menyangkuti setroma homogen, disinilah berlangsung reaksi-reaksi fase gelap. Dalam stroma tertanam sejumlah grana, masing-masing terdiri atas setumpuk tilakoid yang berupa gelembung bermembran, pipih dan diskoid (seperti cakram ). Membran tilakoid menyimpan pikmen-pikmen fotosintesis dan sistem transpor elektron yang terlibat dalam fase fotosintesis yang bergantung pada cahaya. Grana biasanya terkaid dengan  lamela intergrana yang bebas pigmen.
Prokariota yang berfotosintesis tidak mempunyai kloroplas, tilakoid yang banyak terletak bebas dalam sitoplasma dan memiliki susunan yang beragam dengan bentuk yang beragam pula. Kloropas mengandung DNA lingkar dan mesin sintesis protein, termasuk ribosom dari tipe prokariotik.
Struktur kloroplas terdiri dua bagian yaitu bagian amplop dan bagian dalam. Bagian amplop kloroplas terdiri dari membran luar yang bersifat permeabel, membran dalam yang bersipat permeabel serta merupakan tempat protein transpor melekat dan ruang antar membran yang terletak diantara membran luar dan membran dalam. Bagian dalam kloroplas mengandung DNA, RNAs, Ribosom, Stroma ( tempat terjadinya reaksi gelap ) , dan granum. Granum terdiri atas membran tilakoid ( tempat terjadinya reaksi terang ) dan ruang tilakoid ( ruang diantara membran tilakoid ). Pada tanaman C3, kloroplas terletak pada sel mesofil. Contoh tanaman C3 adalah padi ( oryza sativa ), gandum ( triticu aestivum ), kacang kedelai ( glicine max ) dan kentang ( solanum tuberosum ). Pada tanaman C4, kloroplas terletak pada sel mesofil dan bundle sheath cell. Contoh tanaman C4 adalah jagung ( zea mays ) dan tebu ( saccharum officinarum ).
Adanya DNA mrmbantu menerangkan autonomi oleh kloroplas-kloroplas yang muncul karena pembelahan satu kloroplas menjadi dua atau karena perkembangan struktur-struktur sangat kecil dan tidak berwarna yang disebut proplastid. Pada tumpuan tingkat tinggi, biasanya kloroplas terbatas pada sel batang muda, buah-buahan belum matang, dan daun. Daun inilah yang merupakan pabrik fotosintesis pada tumbuhan.
Genom kloroplas pada tanaman tingkat tinggi merupakan evolusi dari bakteri fotosintetik jadi organel sel tanaman. Genom kloroplas mempunyai subunit yang besar yaitu penyandi ribulosa biphosphate carboxylase.

Stuktur
Granum: merupakan bagian kloroplas yang menjalankan tindak balas fotosintesis yang didalamnya mengandung klorofil.
Stroma: cecair yang mengandung enzim untuk mengawali fotosintesis.

Fungsi kloroplas
Kloroplasberfungsi sebagai tempat berlangsunganya fotosintesis. Kloroplas terdapat banyak pada palisade mosopilly dan spongy mesopilly.

Bentuk kloroplas
Bentuk kloroplas beraneka ragam yaitu,ada yang seperti jala, mangkok, pita, dan lembaran. Pada alga bentuk kloroplas bermacam-macam, kloroplas berbentuk pita spiral ditemukan pada spirogyra, sedangkan yang berbentuk jala ditemukan pada cladophora, sedangkan kloroplas berbentuk pita ditemukan pada zygnema. Pada tumbuhan bunga koroplas umumnya berbentuk bulat atau lonjong       ( oval ).
Kloroplas dijumpai terutama pada bagian daun yan disebut mesofil atau daging daun. Kloroplas juga dijumpai bagian-bagian lain, seperti pada batang dan ranting yang berwarna hijau.hal ini disebabkan karena dalam kloroplas terdapat pigmen yang berwarna hijau yang disebut klorofil. Pigmen ini dapat menyerap energi cahaya. Klorofil suatu tumbuhan dapat diekstraksikan dengan suatu pelarut yaitu alcohol atau aseton. Ekstak klorofil tersebut kadarnya dapat ditentukan dengan spektrofotometer. Suatu zat yang berwarna, makin pekat larutannya makin banyak menyerap cahaya sehingga semakin gelap. Adanya hubungan antara penyerap cahaya dengan konsentrasi larutan merupakan spektrofotometer.
Contoh
Suatu botol yang berisi zat pelarut saja tanpa adanya zat yang terlarut diukur dengan spektrofotometer dapat ditentukan sebagai 100% transmisi atau 0,96 absorbansi. Kalau diganti dengan botol yang berisi larutan yang berwarna, sebagian cahaya akan diserap sehingga spektrofotometer akan menunjukkan angka yang lebih rendah untuk transmisi atau angka lebih tinggi untuk absorbansi.
Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat memperoleh suber karbohidrat dari roti, kentang, gula dan buah-buahan.kita ketahui bahwa dalam metabolisme karbohidrat,glukosa dapat menghasilkan energi yang dihasilkan oleh tubuh dan dapat juga disimpan sebagai cadangan sumber energi dalam bentuk glikoken. Sumber karbohidrat dalam makanan terutama berasal dalam tumbuhan yang dibentuk melalui  proses fotosintesis.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar